Presiden Hadiri Puncak Hari Koperasi di Jatim

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan menghadiri puncak peringatan Hari Koperasi ke-63 pada 12 Juli 2010 di Jatim.

Gubernur Jatim Soekarwo saat memimpin rapat persiapan kedatangan RI-1 di ruang Kertanegara kantor gubernur, Kamis (17/6/2010) mengatakan, peringatan Hari Koperasi kali ini berbeda dari sebelumnya.

"Selain dihadiri presiden, pemprov akan menunjukkan kepada pengamat ekonomi bidang koperasi, jika koperasi dan UMKM mempunyai posisi yang penting serta kuat dalam menunjang pembangunan daerah," katanya.

Menurut dia, PDRB Jatim tahun lalu sebesar Rp 684 triliun, dari jumlah itu sebesar 53,04 persen (setara Rp 362 triliun) disumbang dari sektor UMKM. "Suatu kesalahan yang besar jika kita tidak serius mengurus sektor UMKM," tegasnya.

Gubernur berharap, dalam perayaan kali ini harus ada manifes ideologi dan tidak sekadar acara seremonial. "Harus ada pesan yang kuat, sehingga peserta mendapat kesan yang mendalam terhadap kehidupan perkoperasian," imbuhnya.

Ada 9 kegiatan dalam rangka Hari Koperasi, yakni kegiatan Koperasi Peduli pada 4-5 Juli 2010 di Sampang dan Surabaya. Pada acara tersebut akan dibagikan 10 ribu paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan. Kemudian, peresmian gedung pusat souvenir dan gedung pameran UMKM yang ada di Dinas Koperasi Jatim pada 8 Juli 2010.

Selanjutnya, ada Jambore Pemuda Koperasi pada 8-11 Juli 2010 di Kebun Raya Purwodadi yang diikuti 700 peserta. Ada juga Sarasehan Koperasi pada 9-10 Juli 2010 di Hotel JW Marriot Surabaya, jalan sehat 2 Juli 2010, Carrefour Peduli UMKM pada 11 Juli 2010.

Sebagai puncak acara Hari Koperasi akan digelar di Wisma A Yani Gresik dan Expo Kopnas di GOR Tri Darma PT Semen Gresik. (tok/bjo/beritajatim.com/17 Juni 2010)


Comments :

0 komentar to “Presiden Hadiri Puncak Hari Koperasi di Jatim”

Posting Komentar