Rejeki Tanaman Enceng Gondok

Tanaman Enceng Gondok yang banyak kita jumpai di sungai dan rawa bila benar-benar dimanfaatkan akan menghasilkan uang yang tidak sedikit. Tentunya dengan keterampilan dan pengetahuan Enceng Gondok ini bisa disulap menjadi barang-barang yang mempunyai kualitas tinggi.

Salah satunya yang dilakukan oleh Widi Harianto (39 th) asal Kelurahan Sembung Tulungagung, Berkat ketrampilan yang dimilikinya dari mengikuti Pelatihan di Surabaya selama 2 bulan yakni di klinik UKM (Usaha Kecil dan Menengah) Dinas Koperasi Jawa Timur, tanaman enceng gondok bisa berubah menjadi barang-barang pelengkap kebutuhan manusia seperti tas, sandal, dll, yang tentunya bisa mempunyai nominal tinggi, sehingga bisa dijadikan mata pencaharian untuk menghidupi keluarga.

Ketika dijumpai reporter News Room, Widi mengatakan dalam membuat kerajinan dari enceng gondok ini tidak membutuhkan biaya terlalu banyak, hal ini dikarenakan bahan dasar dari kerajinan yaitu enceng gondok saat ini banyak di jumpai di sungai Ngrowo sekitar rumah.

”Dalam satu hari bila cuaca panas seperti sekarang minimal 15 buah sandal dari enceng gondok bisa saya selesaikan, sementara untuk harga saya mematok harga antara Rp. 5.000,00 untuk yang biasa dan Rp. 7.500,00 untuk yang model anyaman,“ ujarnya.

Dalam bincangnya Widi juga menginformasikan yang paling lama dalam pembuatan adalah proses dari memilih enceng gondok yang bisa digunakan untuk pembuatan kerajinan hingga proses pengeringan, bahkan bila musimnya sedang musim hujan proses pengeringan dari bahan dasar enceng gondok juga mengalami kemunduran dan hal inilah yang menjadi salah satu kendala dalam proses pembuatan kerajinan dari enceng gondok. (Nug/Humas/tulungagung.go.id).


Comments :

1
Unknown mengatakan...
on 

Posisi mas Widi dimana ya ? Sy perlu tali Enceng gondok buat prakaya anak

Posting Komentar